Selasa, 17 November 2015

Unique Selling Proposition



Untuk menjadi bisnis yg sukses Anda tidak perlu menjadi yang terbaik, Anda hanya perlu menjadi unik. Mengidentifikasi, mengembangkan dan menjalankan USP kamu didalam setiap hal dilakukan dalam bsnis menjadi suatu hal yang penting. Hal tersebut akan membedakan bisnis Anda, membuatnya terkenal, dan memberikan keuntungan lebih. Satu kesalahan fatal dari bisnis kebanyakan adalah tidak menjadi sesuatu yang unik yang bisa menjadi keunggulan usaha Anda. Adalah penting bagi para pebisnis untuk memiliki keunikan dari bisnis/ produk/ jasa Anda. Unik, lain daripada yg lain.

Bisnis yang ikut-ikutan jarang sekali bertahan. Mereka biasanya terjebak dalam perang harga karena mereka tidak memiliki sesuatu yg unik untuk memberi nilai di pikiran prospek atau konsumen. Mereka hanya memiliki senjata satu-satunya untuk bersaing yaitu harga. Kecuali Anda memiliki modal yang jauh lebih besar daripada kompetitor, maka Anda akan kalah.
Mengingat konsumen memiliki banyak sekali pilihan untuk untuk membeli, maka jika bisnis kita mau bertahan dan tumbuh, maka kita harus membedakan diri kita dari produk serupa di mata konsumen. Pembeda itu dinamakan Unique Selling Proposition (USP)

USP yang dibuat harus nyata, jelas, dianggap sebagai seuatu yang bernilai dimata prospek serta dijamin keberadaannya. Lalu, bagaimana cari mengidentifikasi, menetapkan dan mengembangkan USP Anda. 

Langkah pertama adalah mencari apa yang dibutuhkan konsumen namun tidak bisa didapat dari pesaing / pemain di bisnis serupa. Ini dinamakan Performance Gap. 

Misal Anda Bisnis Bengkel dan menemukan banyak konsumen ragu dengan kejujuran karyawan bengkel yang men-charge, biaya dan komponen yang sebenarnya tidak perlu-perlu amat untuk diganti. Maka kejujuran bengkel bisa menjadi Performance Gap-nya. Dan Anda bisa mengembangkan USP semacam: Jika tidak rusak, kami tidak akan perbaiki sehingga Anda tidak keluar biaya.

Intinya, kreatiflah dalam memperhatikan fenomena dalam bisnis Anda untuk dapat melihat Performance Gap dan mengeluarkan ide USP yang akan Anda kembangkan.
Setelah punya USP, hal yang selanjutnya Anda perlu lakukan adalah mengkomunikasikan USP itu ke semua prospek Anda dalam semua material promosi yang Anda punya, lalu sangat penting Ana memberikan Jaminan (Garansi) bahwa USP yang dijanjikan memang benar terealisasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar