Rabu, 18 November 2015

Konsep A.I.D.A




Ada konsep populer yang perlu diikuti dalam menyiapkan materi promosi yakni A.I.D.A.  Ini singkatan dari Attention – Interest – Desire – Action

Artinya keseluruhan konsep iklan atau promosi kita perlu memiliki konten yang mewakili AIDA diatas.  Pada semua jurus promosi yang diniatkan untuk menggenjot omset AIDA ini perlu ada.  Konsep ini juga dapat diaplikasikan untuk semua produk dan jasa, bisnis offline maupun online, retail maupun grosir. Sama saja.

1.    A = Attention.

Adalah pernyataan untuk menangkap perhatian orang. Bikin kata atau gambar yang powerful yang bisa menarik perhatian hingga orang berhenti dan memperhatikan isi pesan berikutnya. Caranya ada dua yaitu melalui Masalah (yang akan kita berikan solusinya) atau melalui Harapan (yang akan kita berikan jalannya). Anda hanya perlu membayangkan apa yang ada di dalam hati pembaca Anda. Apa problem yang mereka miliki? Apa harapan mereka? Lalu, buatlah pernyataan yang mengejutkan, atau menawarkan solusi, memberikan jalan, dan menunjukkan cara mencapai impian mereka. Fokuskan pernyataan ini kepada Pembaca.

Kaliman Attention ini juga bisa dibuat dalam bentuk pertanyaan
Contoh, “Ingin Bisnis Sampingan?”
Kalimat diatas sepertinya lebih menarik perhatian daripada “Peluang Keagenan Kerudung”

Attention harus merupakan kalimat pertama yang dibaca oleh calon Prospek oleh karena itu Anda perlu menggunakan font yg lebih besar pada Attention ini atau memberikan Highlight yang memadai pada Pernyataan Attention ini


2.    I = Interest :

Kebanyakan iklan yang buruk melalaikan tahap ini. Di tahap inilah kita menjelaskan pesan dan penawaran kita secara lebih detail, sesuaikan dengan harapan target dan pastikan untuk menuliskan kelebihan produk kita dibandingkan produk lain.

Cara yang baik ialah dengan menjelaskan Fitur dan Benefit. Jangan hanya memberikan fakta dan fitur saja, dan merasa pembaca akan berpikir sendiri benefit yang akan didapat. Jelaskan sejelas-jelasnya benefitnya untuk meningkatkan interest mereka. Jadi, bukan hanya berkata, “Kami akan mengajarkan Anda skill dalam menjual”, tapi jabarkan apa isinya “Anda akan belajar cara meningkatkan omset anda sampai 10 kali lipat, teknik menulis iklan yang dijamin meningkatkan omset, ….dsb

3.     D = Desire :

Langkah ini untuk membuktikan bahwa kita memberikan solusi yang tepat. Ingat, orang bisa tertarik secara emosional tapi kemudian mereka membenarkan dengan logika. So, cara yang efektif ialah dengan memberikan Data atau Testimoni dari pelanggan atau orang yang terpandang. Misal: “Buku bestseller dan sudah cetakan kelima dalam 6 bulan!”


4.    A = Action :

Adalah penting untuk membuat prospek untuk segera Action, dengan menghubungi kita segera untuk membeli atau mendaftar. Jika memungkinkan, komponen Action ini dapat dibatasi dengan waktu, jumlah terbatas, hadiah-hadiah /bonus/ benefit tambahan jika segera membeli/mendaftar pada waktu yang diberi batas. 
Misalnya:

Harga normal Rp. 1 juta, Khusus bagi Anda yang bertransaksi di minggu ini kami diskon menjadi Rp 200 ribu. Hubungi sekarang: Desi 081234567


Bila Anda membuat promosi dalam media cetak, misla brosur, flier atau iklan Koran, ada bagusnya bila kolom kontak ini diberi kotak bergaris, karena akan memberikan penekanan tersendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar