Ada konsep populer yang
perlu diikuti dalam menyiapkan materi promosi yakni A.I.D.A. Ini singkatan dari Attention – Interest –
Desire – Action
Artinya keseluruhan
konsep iklan atau promosi kita perlu memiliki konten yang mewakili AIDA
diatas. Pada semua jurus promosi yang
diniatkan untuk menggenjot omset AIDA ini perlu ada. Konsep ini juga dapat diaplikasikan untuk
semua produk dan jasa, bisnis offline maupun online, retail maupun grosir. Sama
saja.
1.
A = Attention.
Adalah pernyataan untuk
menangkap perhatian orang. Bikin kata atau gambar yang powerful yang bisa
menarik perhatian hingga orang berhenti dan memperhatikan isi pesan berikutnya.
Caranya ada dua yaitu melalui Masalah (yang akan kita berikan solusinya) atau
melalui Harapan (yang akan kita berikan jalannya). Anda hanya perlu
membayangkan apa yang ada di dalam hati pembaca Anda. Apa problem yang mereka
miliki? Apa harapan mereka? Lalu, buatlah pernyataan yang mengejutkan, atau
menawarkan solusi, memberikan jalan, dan menunjukkan cara mencapai impian
mereka. Fokuskan pernyataan ini kepada Pembaca.
Kaliman Attention ini
juga bisa dibuat dalam bentuk pertanyaan
Contoh, “Ingin Bisnis
Sampingan?”
Kalimat diatas
sepertinya lebih menarik perhatian daripada “Peluang Keagenan Kerudung”
Attention harus
merupakan kalimat pertama yang dibaca oleh calon Prospek oleh karena itu Anda
perlu menggunakan font yg lebih besar pada Attention ini atau memberikan
Highlight yang memadai pada Pernyataan Attention ini
2.
I = Interest :
Kebanyakan iklan yang
buruk melalaikan tahap ini. Di tahap inilah kita menjelaskan pesan dan
penawaran kita secara lebih detail, sesuaikan dengan harapan target dan
pastikan untuk menuliskan kelebihan produk kita dibandingkan produk lain.
Cara yang baik ialah
dengan menjelaskan Fitur dan Benefit. Jangan hanya memberikan fakta dan fitur
saja, dan merasa pembaca akan berpikir sendiri benefit yang akan didapat.
Jelaskan sejelas-jelasnya benefitnya untuk meningkatkan interest mereka. Jadi,
bukan hanya berkata, “Kami akan mengajarkan Anda skill dalam menjual”, tapi
jabarkan apa isinya “Anda akan belajar cara meningkatkan omset anda sampai 10
kali lipat, teknik menulis iklan yang dijamin meningkatkan omset, ….dsb
3. D = Desire :
Langkah ini untuk membuktikan
bahwa kita memberikan solusi yang tepat. Ingat, orang bisa tertarik secara
emosional tapi kemudian mereka membenarkan dengan logika. So, cara yang efektif
ialah dengan memberikan Data atau Testimoni dari pelanggan atau orang yang
terpandang. Misal: “Buku bestseller dan sudah cetakan kelima dalam 6 bulan!”
4.
A = Action :
Adalah penting untuk membuat
prospek untuk segera Action, dengan menghubungi kita segera untuk membeli atau
mendaftar. Jika memungkinkan, komponen Action ini dapat dibatasi dengan waktu,
jumlah terbatas, hadiah-hadiah /bonus/ benefit tambahan jika segera
membeli/mendaftar pada waktu yang diberi batas.
Misalnya:
Harga normal Rp. 1 juta, Khusus bagi Anda yang bertransaksi di minggu ini kami diskon menjadi Rp 200 ribu. Hubungi sekarang: Desi 081234567
Bila Anda membuat
promosi dalam media cetak, misla brosur, flier atau iklan Koran, ada bagusnya
bila kolom kontak ini diberi kotak bergaris, karena akan memberikan penekanan
tersendiri.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar